Dua Pembobol Bank Jatim yang Gagal Congkel Brankas Ditangkap 

Dua Pembobol Bank Jatim yang Gagal Congkel Brankas Ditangkap

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Dua pemuda yang diduga menjadi pelaku pembobol Bank Jatim kantor kas Ngantru kabupaten Tulungagung ditangkap aparat, Selasa (9/3/2021). Dalam aksinya, tersangka masuk kantor namun gagal membongkar brankas. Mereka membawa kabur sebuah laptop, dan sempat membuang rekaman kamera pengawas atau CCTV. Dalam proses penangkapan, tidak ada perlawanan dari para pelaku. Pelaku berinisial RE warga Desa Kroncong, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, dan AS warga Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Keduanya diamankan di tempat berbeda, yakni di wilayah Sidoarjo dan Blitar Jawa Timur. “Pelaku ditangkap di dua lokasi yang berbeda,” terang Kapolsek Ngantru AKP Pudji Widodo, di kantor Polsek Ngantru, Selasa (9/3/2021). Aksi pembobolan dilakukan dua tersangka pada awal Februari silam.  Kedua tersangka masuk kantor bank dengan cara memecahkan kaca dinding kamar mandi.   Saat berada di dalam kantor, mereka berusaha membongkar brankas, namun gagal.

Mereka hanya bisa membawa kabur satu unit laptop, dan membuang perangkat rekaman CCTV.   “Para pelaku berupaya mencongkel brankas menggunakan linggis, namun gagal, dan akhirnya hanya membawa laptop,” terang AKP Pudji Widodo. Penyelidikan kasus pembobolan bank ini membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Dari kasus ini, polisi juga mengamankan barang bukti berupa palu, besi pencongkel kecil, DVR CCTV, serta satu unit laptop.

“DVR CCTV dibuang oleh pelaku di samping lokasi, di tanaman tebu,” terang AKP Padji Widodo. Atas aksi pembobolan yang dilakukan para pelaku, kini kedua tersangka ditahan di Mapolsek Ngantru guna proses hukum lebih lanjut.  Tersangka terancam hukuman paling lama 7 tahun penjara.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Pembobol Bank Jatim yang Gagal Congkel Brankas Ditangkap", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/03/09/194839478/dua-pembobol-bank-jatim-yang-gagal-congkel-brankas-ditangkap?page=all.

Penulis : Kontributor Trenggalek, Slamet Widodo

Editor : Robertus Belarminus


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6

Download aplikasi: https://kmp.im/app6