Rumah Dibobol Maling, Barang Elektronik, Uang dan Perhiasan Lenyap

Rumah Dibobol Maling, Barang Elektronik, Uang dan Perhiasan Lenyap

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebuah rumah di Perumahan Taman Griya Kencana, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor dibobol maling saat siang bolong. Dari aksi pencurian ini, korban kehilangan uang tunai, barang elektronik, hingga perhiasan.

Sang pemilik rumah, Diah Hastarini, mengatakan, peristiwa pencurian itu terjadi pada Ahad (22/1/2023) siang. Dirinya pun telah melaporkan kejadian pencurian tersebut ke Polsek Tanah Sareal.

“Kami sudah membuat laporan ke Polsek Tanah Sareal, tapi sebelumnya sudah ada anggota Polisi yang sudah memeriksa kondisi rumah,” kata Diah kepada wartawan, Senin (23/1/2023).

Diah menjelaskan, dari hasil rekaman kamera CCTV, pelaku masuk ke rumah dengan cara merusak gembok pagar dan mengcongkel jendela. Pelaku juga mengacak-acak lemari milik korban.

Alhasil, berbagai barang elektronik termasuk perhiasan, uang tunai, dan surat-surat lenyap digasak pelaku. “Yang hilang itu televisi, dua unit laptop, emas, uang cash, tabungan recehan anak saya, tas saya juga dibawa pelaku isinya ada SIM, STNK, dan NPWP,” ungkap Diah.

Lebih lanjut, Diah menjelaskan, kejadian itu bermul ketika ia meninggalkan rumah untuk menghadiri undangan acara pernikahan kerabatnya sekitar pukul 11.00 WIB pada Ahad (22/1/2023). Dalam rekaman CCTV terlihat dua pelaku yang diduga sudah mengetahui rumah dalam keadaan kosong itu datang mengendarai sepeda motor.

Dalam rekaman CCTV terlihat sekitar pukul 11.25 WIB dengan mengendarai sepeda motor, pelaku berhenti persis di depan rumah korban, salah satu pelaku yang sudah turun lebih dulu terlihat pura-pura memeriksa ban sambil memantau situasi.

Setelah merasa aman, pelaku yang sebelumnya pura-pura memeriksa ban motor meninggalkan rekannya dan masuk ke rumah korban. Sedangkan rekannya menunggu di atas motor.

Selang tujuh menit, pelaku yang masuk ke rumah terlihat dalam rekaman CCTV keluar rumah dengan membawa sejumlah barang yang diduga merupakan hasil curiannya. Keduanya langsung tancap gas setelah berhasil membawa barang curian.

Menurut Diah, pelaku memanfaatkan situasi untuk membobol rumah pada saat kondisinya kosong. Padahal ia meninggalkan rumah tidak dalam waktu yang lama.

“Jadi saya kondangan pukul 11.00 WIB, pulang sekitar jam 14.00 WIB rumah sudah kebobolan dan berantakan. Banyak barang-barang yang hilang,” kata Diah.